PENGGUNAAN APLIKASI ECLIPSE CROSSWORD UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA MATERI DINAMIKA KEPENDUDUKAN XI

PENGGUNAAN APLIKASI ECLIPSE CROSSWORD UNTUK MENINGKATKAN      KEAKTIFAN PESERTA DIDIK

DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI

PADA MATERI DINAMIKA KEPENDUDUKAN   XI

Oleh : Yosy Alfyntara, S.Pd    

SMA Negeri Colomadu

Dampak dari Masa pandemi yang berlangsung lama , membuat kita harus bisa beradaptasi dengan perubahan di berbagai bidang. Salah satunya di bibang pendidikan berbasis digital yang akhirnya memunculkan banyak metode pembelajaran ,dan guru dituntut untuk lebih kreatif dalam mengajar.  Apabila guru masih mengunakan metode ceramah kemungkinan tidak terlalu efektif ,oleh karena itu diperlukan inovasi dengan menerapkan metode atau model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik , dan dampak dari masa pandemi yang lama mengakibatkan peserta didik kecanduan bermain hp ,khususnya mereka mengunakanya untuk bermain game, oleh karena itu pengunaan metode berbasis game akan lebih menarik perhatian mereka, generasi z umumya menyukai hal yang praktis, kreatif dan menyenangkan dalam berbagai aktivitas, termasuk juga dalam hal belajar  dan hal tersebut sesuai dengan pendapat Maiga (2009: 198) yang mengatakan bahwa bermain merupakan bagian penting dalam lingkungan belajar karena meningkatkan pengalaman belajar yang sangat mudah diingat, mempertinggi suasana hati dan membuat pembelajaran menjadi efektif . 

Menurut Khalilullah (2012) teka-teki silang merupakan sebuah permainan dengan mengisi ruang-ruang kosong yang berbentuk kotak menggunakan huruf-huruf sehingga terbentuk sebuah kata yang sesuai dengan petunjuk. Mengisi teka teki silang merupakan kegiatan yang mengasyikkan dan dapat mem-bantu siswa mengingat kosa kata serta pengetahuan yang bersifat umum dengan santai. Salah satu cara untuk menghilangkan keejenuhan adalah dengan mengunakan aplikasi eclipse crozzword ,alat yang digunakan diantaranya adalah komputer atau laptop. Aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan pada pelajaran geografi tapi bisa digunakan untuk semua mata pelajaran.


Berdasarkan hasil wawancara kepada salah satu guru mata pelajaran Geografi kelas Xl SMA Negeri Colomadu, guru memiliki kendala pada proses pembelajaran Geografi di kelas, yakni terkait kurangnya motivasi dan keaktifan peserta didik terutama di kelas Xl dalam pembelajaran Geografi pada materi Dinamika kependudukan. Kendala pada proses pembelajaran tersebut  tidak terlepas dari faktor penyebab terjadinya masalah motivasi dan keaktifan peserta didik yang kurang. Guru mengatakan penyebab kurangnya keaktifan peserta didik kelas Xl, dikarenakan faktor pemilihan media pembelajaran yang kurang tepat Guru mengakui bahwa media pembelajaran yang telah digunakan belum mampu menciptakan keaktifan peserta didik pada proses pembelajaran..

Media yang  dapat  digunakan  untuk  meningkatkan  motivasi  dan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran Geografi  pada  materi dinamika kependudukan  yaitu dengan menggunakan  aplikasi eclipse crossword dalam materi dinamika kependudukan , dengan mengunakan eclipse crossword dapan meningkatkan minat peserta didik dalam mempelajari dinamika kependudukan  karna peserta didik sekarang lebih tertarik dengan media yang berbasis game .Perancangan LKPD yang juga berbasis TIK . Penyampaian materi di awal juga mengunakan banyak media yang bisa menarik perhatian siswa diantaranya saya mengunakan google earth yang membuat peserta didik tidak hanya membayangkan tapi melihat gambaran perubahan lahan dari tahun ketahun. siswa bersemangat untuk mengikuti Pelajaran karna media yang digunakan inovatif 

   membagi peserta didik menjadi jumlah genap tujunya supaya dalam permainanya nanti guru bisa menukarkan hasil  TTS untuk dikerjakan oleh kelompok lainnya. selanjutnya mereka berdiskusi untuk membuat pertanyaan sesuai dengan arahan guru , setelah soal mereka di ubah  menjadi teka teki silang mengunakan aplikasi eclipse crossword selanjutnya guru membuat undian untuk mengundi lawan yang akan dihadapi kelopok tersebut , selanjutnya guru menukarkan soal yang dibuat kelompok tersebut ke kelompok lain dan permainan dimulai , untuk mengerjakanya kelompok tersebut berbaris kebelakang dan secara bergantian menjawab TTS  kelompok yang bisa menjawab dengan waktu tersingkat dan jumlah benar  yang paling banyak itulah pemanangnya. Dengan pembelajaran berbasis game ini peserta didik sangat antusias dan tidak jenuh di dalam kelas bahkan tidak ada siswa yang bermain hp atau mengantuk .

 

Kesimpulan dari uraian di atas yaitu setiap Setelah menerapkan model pembelajaran berbasis game terutama yang saya gunakan adalah aplikasi eclise crossword , peserta didik merasa senang dan sangat antusias karena beda dengan penugasan yang lain . dengan pemilihan model berbasis game ini dapat mendorong kaaktifan peserta didik dalam mengikuti Pelajaran geografi ,peserta didik yang sebelumnya tidak tertarik mengikuti Pelajaran akhirnya menjadi  lebih fokus  karena pengunaan teka teki silang tersebut  sehinga suasana kelas menjadi lebih hidup dan menyenangkan, namun saya juga harus bisa mengendalikan kelas karena biasanya karna sangat antusias bisa menimbulkan kegaduhan