PENGGUNAAN APLIKASI ECLIPSE CROSSWORD UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA MATERI DINAMIKA KEPENDUDUKAN XI

PENGGUNAAN APLIKASI ECLIPSE CROSSWORD UNTUK MENINGKATKAN      KEAKTIFAN PESERTA DIDIK

DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI

PADA MATERI DINAMIKA KEPENDUDUKAN   XI

Oleh : Yosy Alfyntara, S.Pd    

SMA Negeri Colomadu

Dampak dari Masa pandemi yang berlangsung lama , membuat kita harus bisa beradaptasi dengan perubahan di berbagai bidang. Salah satunya di bibang pendidikan berbasis digital yang akhirnya memunculkan banyak metode pembelajaran ,dan guru dituntut untuk lebih kreatif dalam mengajar.  Apabila guru masih mengunakan metode ceramah kemungkinan tidak terlalu efektif ,oleh karena itu diperlukan inovasi dengan menerapkan metode atau model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik , dan dampak dari masa pandemi yang lama mengakibatkan peserta didik kecanduan bermain hp ,khususnya mereka mengunakanya untuk bermain game, oleh karena itu pengunaan metode berbasis game akan lebih menarik perhatian mereka, generasi z umumya menyukai hal yang praktis, kreatif dan menyenangkan dalam berbagai aktivitas, termasuk juga dalam hal belajar  dan hal tersebut sesuai dengan pendapat Maiga (2009: 198) yang mengatakan bahwa bermain merupakan bagian penting dalam lingkungan belajar karena meningkatkan pengalaman belajar yang sangat mudah diingat, mempertinggi suasana hati dan membuat pembelajaran menjadi efektif .  Lanjutkan membaca “PENGGUNAAN APLIKASI ECLIPSE CROSSWORD UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA MATERI DINAMIKA KEPENDUDUKAN XI”