Projek P5 Gaya Hidup Berkelanjutan “Pengolahan Sampah”

Colomadu, Jumat 17/02/2023, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan mengusung tema gaya hidup berkelannjutan ” Green Waste Zero Waste”berlangsung dari tanggal 13-17 Februari 2023 . Projek ini bertujuan agar siswa memahami dampak dari aktivitas manusia, baik jangka pendek maupun panjang, terhadap kelangsungan kehidupan di dunia maupun lingkungan sekitarnya, khususnya bagaimana melakukan pengelolaan sampah di sekitarnya. Karena salah satu masalah terbesar yang tengah dihadapi oleh dunia adalah pengelolaan sampah.

Target pencapaian proyek penguatan profil pelajar Pancasila dengan tema pengolahan limbah organik anorganik ini adalah siswa memiliki sikap peduli terhadap alam sekitar.Diharapkan pula melalui kegiatan dalam proyek ini siswa mampu mengajukan pertanyaan, mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan. Gaya hidup berkelanjutan terjadi karena aktivitas manusia dan berpengaruh kepada cara kita hidup dan masa depan bumi. Dengan melihat isu/ permasalahan dalam gaya hidup berkelanjutan global, kita bisa mulai mengambil aksi yang membantu keberlanjutan (sustainability) hidup di bumi
Sekolah sebagai komunitas dapat membangun kesadaran dari seluruh masyarakatnya mengenai sampah yang dihasilkan setiap harinya, dan bagaimana peran kita dalam mengurangi bahaya sampah di bumi. Dengan adanya aksi sehari-hari yang dapat dilakukan sebagai komunitas, kita juga berperan dalam keberlanjutan kehidupan di bumi. Semoga melalui kegiatan ini peserta didik dan guru dan semua warga sekolah mendapatkan wawasan dan bekal tentang pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan dilingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.

SMA Negeri Colomadu MANTAP  “Mandiri-Aktif-Nyaman-Taqwa-Adaptif-Prestasi”