Aksi Donor Darah PMR Wira SMA Negeri Colomadu

Colomadu, Rabu (18/01/2023) PMR Wira SMA Negeri Colomadu melaksanakan kegiatan Donor Darah yang rutin dilaksanakan setiap 3 bulan sekali. Pada hari Rabu (18/1) bertempat di ruang perpustakaan, dengan menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surakarta dalam pelaksanaan kegiatan rutin ini.
Peserta terdiri dsri seluruh Guru dan Karyawan serta siswa siswi SMA Negeri Colomadu yang sudah berusia 17 Tahun serta peserta umum di sekitar SMA Negeri Colomadu.
Pendonor harus melewati beberapa prosedur, sebelum menyumbangkan darahnya. Pertama, calon pendonor harus melakukan registrasi dan mengisi kuesioner. Kedua, calon pendonor harus melakukan pengecekan berat badan, tekanan darah, dan kadar Hemoglobin.Setelah semua memenuhi kriteria maka pendonor diperbolehkan untuk melakukan prosesi donor darah
Antusias pendonor sebenarnya sangat tinggi tapi karena stok darah di PMI Surakarta masih cukup banyak jadi Pihak PMI membatasi jumlah pendonor hanya 40 orang saja.Hal ini untuk menjaga agar stok darah yang tersimpan di PMI tidak terlalu lama karena transfusi dari darah segar atau stok darah yang belum disimpan terlalu lama jauh lebih aman daripada darah yang berumur lama.
Acara donor darah yang dimulai pukul 08.00 WIB berlangsung sangat kondusif. PMR Wira SMA Negeri Colomadu berharap kegiatan ini bisa terus dilaksanakan secara konsisten. Mudah – mudahan sedikit kepedulian ini dapat membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan.Sesuai dengan tema donor darah kali ini yaitu Darahmu Sedekahmu.

SMA Negeri Colomadu MANTAP  “Mandiri-Aktif-Nyaman-Taqwa-Adaptif-Prestasi”