“Suara Demokrasi” Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SMA Negeri Colomadu

Colomadu, Kamis (01/09/2022)  Profil Pelajar Pancasila merupakan gambaran pelajar Indonesia yang merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai- nilai Pancasila.
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila.
P5 merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yag disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.
Proyek “suara demokrasi” dilaksanakan 29 Desember – 13 September 2022. Pelaksanaan kegiatan P5 di SMA Negeri Colomadu menggunakan sistem blok yaitu 2 minggu lebih 2 hari (112 jam) untuk proyek pertama sesuai dengan alokasi waktu yang telah direncanakan.
Terdapat 3 Proyek dalam 1 tahun kurang lebih 486 JP (30% dari JP total per tahun), yaitu :
1. Suara Demokrasi,

2. Kewirausahaan, dan

3. Gaya Hidup Berkelanjutan
Proyek pertama pada kegiatan P5 SMA Negeri Colomadu dimulai dengan membuat Mandala. Tujuan dari membuat mandala adalah memperlihatkan bagaimana siswa bekerja sama dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama, dimana masing-masing anggota kelompok berperan untuk menyelesaikan setiap masalah demi tercapainya tujuan bersama-sama.
Pada hari selanjutnya ada pemaparan dari narasumber mengenai peran teknologi dalam demokrasi, dan pada akhir proyek akan ada Debat Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS dan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS Periode 2022/2023.

SMA Negeri Colomadu MANTAP  “Mandiri-Aktif-Nyaman-Taqwa-Adaptif-Prestasi”