Aksi Nyata Calon Guru Penggerak – Budaya Positif

A. Latar Belakang

Menurut Ki Hadjar Dewantara ” Tujuan Pendidikan adalah menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat”. Agar dapat mewujudkan tujuan tersebut, penanaman karakter yang kuat melalui budaya positif di sekolah menjadi sangat krusial. Budaya positif merupakan kayakinan dan nilai yang telah disepakati dan menjadi kebiasaan bersama yang dilakukan dalam kurun waktu yang lama. Budaya positif dalam lingkungan sekolah memiliki peran yang sangat penting untuk mengembangkan peserta didik yang berkarakter kuat dan sesuai dengan profil pelajar pancasila. Agar tercipta budaya positif, sekolah perlu menyediakan lingkungan yang positif, aman, dan nyaman agar peserta didik mampu berfikir, bertindak, dan mencipta secara merdeka, mandiri, dan bertanggungjawab.

Saat ini dunia pendidikan dan teknologi sudah memasuki era 4.0 dimana teknologi berkembang dengan sangat cepat sehingga pendidikan pun harus menyesuaikan perkembangan tersebut. Pemanfaatkan teknologi sebagai bagian dari budaya positif dalam pendidikan dirasakan sangat perlu untuk memfasilitasi peserta didik dalam belajar. Pemanfaatan TIK sebagai bagian dari budaya positif dapat mendukung peserta didik dalam mencapai merdeka belajar. Dalam rangka mewujudkan peserta didik dengan karakter profil pelajar pancasila, salah satu kemampuan yang harus dimiliki perserta didik adalah literasi dengan berbagai media, salah satunya adalah literasi digital dengan memanfaatkan TIK. 

Filosofi Ki Hajar Dewantara mengajarkan bahwa guru merupakan fasilitator dalam pembelajaran. Guru harus dapat memfasilitasi dan menuntun peserta didik dalam belajar agar dapat mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Data yang dirilis oleh PISA yang menyatakan bahwa: 

  1. peserta didik yang sering dilibatkan guru dalam membaca memiliki skor membaca 30 poin lebih tinggi daripada peserta didik yang jarang dilibatkan membaca
  2. Merangkum tidak sama dengan menyalin sehingga aktivitas merangkum efektif dalam menumbuhkan kemampuan membaca karena peserta didik mampu menangkap hal penting dan menuliskan kembali poin penting dari bacaan
  3. peserta didik yang lebih banyak menggunakan waktunya untuk membaca, capaian skor PISA-nya lebih tinggi hingga 50 poin
  4. peserta didik dengan latar belakang ekonomi yang sama memiliki skor membaca 40 poin lebih tinggi ketika diajar guru yang memanfaatkan TIK

Belajar dari data tersebut maka kemampuan literasi peserta didik akan mendukung peserta didik untuk mengembangkan karakter positif yang ada pada dirinya. Kemampuan ini akan menunjang peserta didik untuk dapat mandiri, kreatif, dan bernalar kritis dalam belajar maupun dalam menyelesaikan permasalahan.

Selain itu, upaya yang dapat dilakukan oleh guru dalam menumbuhkan budaya positif di lingkungan sekolah adalah melalui keyakinan kelas. Keyakinan ini merupakan nilai-nilai kebajikan atau prinsip-prinsip universal yang disepakati bersama secara universal. Suatu keyakinan akan lebih memotivasi seseorang dari dalam, atau memotivasi secara intrinsik. Peserta didik akan lebih tergerak dan bersemangat untuk menjalankan keyakinannya, daripada hanya sekedar mengikuti serangkaian peraturan. Untuk membangun keyakinan kelas ini melibatkan peserta didik dan guru di mana semua warga kelas bercurah pendapat, menyepakati, dan menemukan nilai kebajikan dari kesepakatan yang dilakukan bersama-sama. Dengan keyakinan kelas ini diharapkan mampu menumbuhkan sikap gotong-royong, berkebhinekaan global, dan juga pribadi yang beriman, bertaqwa kepada tuhan YME serta berakhlak mulia.

Hingga saat ini pembelajaran di SMA Negeri Colomadu melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas 100 % dengan jadwal masuk terbagi dalam 2 shift, yaitu 50% pada shift pagi dan 50% shift siang dengan durasi tiap mata pelajaran 45 menit. Hal ini tentu akan sangat kurang bagi peserta didik untuk mempelajari materi dengan jumlah pertemuan dan durasi yang singkat. Untuk mengatasi hal tersebut dan sekaligus mengembangkan budaya positif berupa literasi perta didik maka saya melakukan aksi nyata di sekolah yaitu membangun budaya literasi peserta didik dengan pemanfaatan TIK. Upaya berikutnya adalah melalui kegiatan pembiasaan berupa literasi pagi yang pelaksanaannya bersamaan dengan kegiatan 7K dan religi pada setiap jenjang kelas.. Selain itu, untuk mengembangkan karakter dan budaya positif di lingkungan sekolah terutama di kelas yang saya ampu, maka saya membuat kesepakatan kelas bersama peserta didik yang kemudian diambil nilai kebajikan atau keyakinan kelas yang ada di dalamnya.

B. Tujuan Aksi Nyata

Tujuan dari aksi nyata yang saya lakukan yaitu:

  1. Menumbuhkan budaya literasi peserta didik dengan pemanfaatan
  2. TIKMenumbuhkan budaya positif yang tercermin dari keyakinan kelas

C. Deskripsi Aksi Nyata

Melihat situasi dan kondisi saat ini, pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan di SMA Negeri Colomadu adalah pembelajaran tatap muka terbatas 100 % dengan jadwal masuk terbagi dalam 2 shift, yaitu 50% pada shift pagi dan 50% shift siang dengan durasi tiap mata pelajaran 45 menit. Dengan jumlah pertemuan dan durasi yang terbatas maka dirasa belum cukup untuk memfasilitasi peserta didik dalam belajar secara optmal sehingga untuk memfasilitasi sekaligus menumbuhkan budaya literasi peserta didik saya menerapkan model Blended Learning yang secara spesifik mengarah kepada Flipped Classroom.

Pada model blended learning – flipped classroom ini, di awal pertemuan guru menyampkain materi, aktivitas dan tugas yang dikerjakan peserta didik di rumah untuk satu minggu. Pada pertemuan berikutnya guru membimbing peserta didik berdiskusi tentang konsep, tugas, dan kesulitan yang dihadapi selama peserta didik mempelajari di rumah. Kemudian dilanjutkan dengan memberikan latihan kepada peserta didik untuk memperkuat materi yang sudah dipelajari. Untuk menumbuhkan budaya literasi peserta didik saya berusaha memfasilitasi peserta didik dengan membuat situs yang dilengkapi dengan materi, pembahasan materi, contoh soal beserta pembahasannya, dan evaluasi mandiri untuk mengukur sejauh mana pemahaman peserta didik terhadap materi yang sedang dibahas. Pada situs tersebut juga terdapat menu Presensi mandiri dengan rekapitulasi secara otomatis. Untuk memudahkan peserta didik dalam melihat tugas apa saja yang sudah dan belum dikerjakan, pada situs tersebut juga dilengkapi menu Rekap Tugas. 

Di SMA Negeri Colomadu juga dilaksanakan kegiatan pembiasaan yang meliputi Kegiatan Literasi, 7K, dan Religi dimana kegiatan tersebut dilaksanakan secara bersamaan dan bergantian untuk setiap jenjang dalam tiap minggunya. Untuk saat ini kegiatan tersebut dilaksanakan setiap Hari Rabu pukul 07.00 WIB dengan durasi selama 45 menit. Untuk mendukung terciptanya budaya literasi sekolah saya berpartisipasi aktif dalam tim literasi. Kegiatan literasi ini diawali dengan berdoa bersama dan pembukaan. Kemudian dilanjutkan dengan sesi membaca. Adapun buku yang dibaca pada kegiatan ini boleh berupa novel, biografi, literatur, motivasi, atau pun religi baik berupa buku fisik maupun buku digital (ebook)

Untuk mengembangkan karakter dan budaya positif di lingkungan sekolah khususnya di kelas yang saya ampu, maka saya membuat kesepakatan kelas bersama peserta didik dan kemudian menyimpulkan nilai kebajikan atau keyakinan kelas yang ada di dalamnya. Kegiatan ini diawali dengan curah pendapat tentang peraturan yang perlu disepakati di kelas. Kemudian mencatat semua masukan-masukan para murid di papan tulis, menyusun keyakinan kelas dalam bentuk kaimat positif, berdiskusi dan meninjau ulang keyakinan kelas yang sudah dibut, menyepakati keyakinan kelas dan mendesain serta menempatkan keyakinan kelas tersebut di tempat yang mudah dilihat oleh semua warga kelas.

Adapun langkah-langkah aksi nyata yang saya lakukan adalah:

  1. Meminta izin kepada kepala sekolah 
  2. Berkoordinasi dengan wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan rekan di tim kurikulum
  3. Membuat situs pembelajaran fisika untuk memfasilitasi peserta didik dalam belajar dengan model flipped classroom
  4. Berkoordinasi dengan tim literasi, tim 7K, dan tim religi, dan petugas perpustakaan SMA Negeri Colomadu
  5. Membuat kesepakatan kelas bersama peserta didik dan menemukan keyakinan kelas di dalamnya
  6. Berkoordinasi dan melakukan sosialisasi tentang keyakinan kelas bersama dengan wali kelas.

D. Dokumentasi Kegiatan

Situs Pembelajaran Fisika: fisika.smancolomadu.sch.id

 

Kegiatan Literasi

Keyakinan Kelas

Kegiatan 7K

Kegiatan Religi

 

Sabung Ayam Online


Judi Bola


toto228


Slotoppo


karena itu itu pemenangnya harus kunjungi agen judi online slot terbaru


SLOTBOM Slot Gacor Gampang Menang Jackpot.


SLOTBOM Situs Pola Scatter Mahjong Ways Paling Gacor di Indonesia.


SLOTBOM Situs Slot Online Paling Gacor Gampang Scatter Mahjong Ways.


SLOTBOM Slot Gacor Gampang Menang Jackpot.


SLOTBOM Situs Pola Scatter Mahjong Ways Paling Gacor di Indonesia.


sbobet88 agen judi bola online


sabung ayam online


sabung ayam online


Judi Bola Online


SLOTOPPO88 AGEN SABUNG AYAM SV388 RESMI


SLOTBOM Situs Slot Online Paling Gacor Gampang Scatter Mahjong Ways.


SV388 || Daftar Sabung Ayam Online Terbaik Arena Philipina 24 Jam


slotoppo88 portal slot online terpercaya di Indonesia


SLOTBOM77 penyedia permainan slot online resmi


SLOTOPPO88 slot online terpercaya


sabung ayam online


SLOTBOM77 situs selot online terpercaya dan resmi


Slotbom Hadir dengan Slot Gacor Gampang Menang Jackpot. Link Resmi slotbom.net ini akan sangat membantu para member setia untuk akses alternatif terbaik ke Slotbom.


Terima kasih atas informasinya, sangat membantu! Kunjungi juga situs kami Slotoppo Link Situs Game Online Gacor Resmi


Tukang Las Surabaya: Coba Iseng Spin Pola Lama, Akhirnya Scatter Hitam Tembus SATGASJITU


SLOTOPPO Situs Sabung Ayam Online SV388 Online 24 jam Terpercaya


SLOTOPPO88 : Link Membawa Keberutungan Dan Kebahagian


SBOBET88 : Login SBOBET Mobile Melalui Link Alternatif SBOBET WAP Agen SBOBET Terpercaya


Sabung Ayam Online Bandung Ramai

Sabung Ayam Online Banjarmasin Ramai

Sabung Ayam Online Bekasi Bikin Heboh

Sabung Ayam Online Pagi Ini

Viral! Sabung Ayam Bali Pecahkan Rekor

Sabung Ayam Filipina Diserbu

Sabung Ayam Online Malam Ini

Sabung Ayam Surabaya Taruhan Kecil

saat scatter hitam meledak cepat

dapat scatter hitam beruntun

heboh scatter hitam muncul

scatter hitam langsung jackpot

scatter hitam langka

kaget scatter hitam hadir

scatter hitam bawa berkah

scatter hitam beruntun empat kali

scatter hitam beruntun tiga kali

scatter hitam hadir pagi ini

scatter hitam jarang muncul

scatter hitam malam hari

scatter hitam siang hari

scatter hitam sore hari

scatter hitam 6 kali muncul

viral scatter hitam malam ini

scatter hitam tiba tiba turun

untung besar dari mahjong ways

saat scatter turun cepat

mahjong ways bikin pemula malang auto

mahjong ways langka

mahjong ways malam hari

mahjong ways malam ini hadirkan jackpot

mahjong ways pagi ini beri kejutan

mahjong ways siang ini pecahkan rekor

auto profit dari mahjong ways

untung besar dari mahjong ways

hadiah besar lewat mahjong ways

jackpot fantastis di mahjong ways

mahjong ways pertama kali langsung menang

pemuda surabaya ungkap pola baru di mahjong ways

viral mahjong ways bawa keuntungan kilat

viral mahjong ways bikin pemuda jogja bawa pulang rp100 juta

viral mahjong ways sore ini beri cuan

viral sabung ayam online solo jadi bahan perbincangan

viral sabung ayam online medan jadi ajang rebutan jackpot

sabung ayam online sore

sabung ayam online pagi ini bawa cuan

sabung ayam online malam ini hadirkan jackpot

sabung ayam online malam ini cetak rekor

sabung ayam online bikin heboh

sabung ayam online bekasi

menang perdana di sabung ayam online

untung besar dari taruhan sabung ayam online

rahasia menang di sabung ayam online

auto tajir saat main di sabung ayam online

auto cuan saat gabung sabung ayam online

untung besar dari sabung ayam online

konsisten di sabung ayam online

mahjong ways bikin pemuda bandung bayar cicilan motor

scatter hitam di mahjong ways

scatter hitam hadir mendadak

scatter hitam mahjong ways jam malam

scatter hitam muncul 3 kali

scatter hitam sore hari

scatter hitam tiba tiba hadir

scatter hitam turun cepat